Rabu, 18 Februari 2015

Laporan Bacaan Buku "Penembak Misterius"

Laporan Bacaan Buku “Penembak Misterius”




I.       Identitas Buku
Kumpulan cerpen yang berjudul Penembak Misterius adalah salah satu karya sastra yang dihasilkan oleh Seno Gumira Ajidarma. Buku ini diterbitkan pertama kali oleh penerbit Grafiti pada tahun 1993. Buku yang saya baca adalah cetakan kelima yang diterbitkan oleh penerbit Galang Press Anggota IKAPI pada tahun 2007. Buku ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 2002 yang juga dicetak dan diterbitkan oleh Galang Press dengan judul ‘The Mysterious Marksman’. Buku ini memiliki tebal 214 halaman dan dicetak di kertas hvs dengan ukuran 13x20cm.
Buku ini berisi 15 cerita pendek yang dibagi menjadi tiga bab utama yaitu: Penembak Misterius: Trilogi, Cerita untuk Alina dan Bayi Siapa Menangis di Semak-semak?. Sampul buku ini mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Buku tersebut berlatar belakang hitam dengan tulisan judul buku dan gambar ikhtisar mayat dengan tanda ‘x’ di kepalanya berwarna putih. Terdapat garis polisi yang memanjang dari sampul depan ke sampul belakang berwarna kuning yang bertuliskan nama pengarang. Gambar pada sampul tersebut menunjukkan bahwa pada suatu tempat telah terjadi pembunuhan.
II.    Sinopsis
Keroncong pembunuhan bercerita tentang seorang pembunuh bayaran yang dikontrak wanita muda untuk membunuh seorang pengkhianat bangsa dan negara. Pembunuh tersebut dikisahkan berdarah dingin dan tidak pernah gagal menjalankan tugas. Pada suatu malam ada perasaan aneh saat teleskop senjatanya mengarah ke wajah orang yang disebut pengkhianat itu. Sang pembunuh sangsi karena wajah yang menjadi targetnya terlihat sangat baik, tenang, dan bukan wajah seorang pengkhianat. Dia mulai berpikir pada keluarga yang akan ditinggalkan oleh orang tersebut. Saat siap menembak, sang pembunuh malah membidik wanita yang menyuruhnya. Wanita tersebut di pojokkan untuk meyakinkan bahwa targetnya bukan orang yang keliru. Wanita muda tidak memberikan penjelasan dan hanya bilang bahwa ia disuruh oleh lelaki tua berkacamata. Sang pembunuh lalu mengarahkan senapannya pada laki-laki berkacamata tersebut, seorang lelaki tua yang sedang bercerita dengan berapi-api, tangannya bergerak kesana kemari, wajahnya licik dan penuh tipu daya. Penulis membiarkan ceritanya menggantung dan tidak menjelaskan siapa akhirnya yang akan ditembak.
Bunyi Hujan di Atas Genting menceritakan tentang Sawitri, seorang pelacur yang selalu dilanda kecemasan setiap kali mendengar bunyi hujan menitik di atas genting. Sebab, ketika hujan mereda, di ujung gang persis di halaman rumahnya selalu tergeletak mayat-mayat bertato. Mayat tersebut ada yang tangannya saja yang diikat dengan tali kawat, ada yang tangan dan kakinya diikat menjadi satu, dan ada yang tidak diikat sama sekali. Semua mayat pasti memiliki bekas peluru, kebanyakan bekas lubang peluru tersebut merusak tato yang ada di kulit mereka. Sawitri selalu takut bahwa mayat tersebut adalah Pamuji, pacarnya, sebab Pamuji juga bertato. Sawitri sering melongok melalui jendela rumahnya, atau berlari dan menyeruak kerumunan tetangga yang melihat untuk memastikan apakah diantara mayat-mayat tersebut terdapat mayat Pamuji. Sawitri selalu merasa cemas sedangkan tetangganya semua bersorak gembira.
Cerita Grhhh! Bercerita tentang Reserse Sarman yang berusaha menumpas zombi yang muncul di setiap sudut kota. Zombi (mayat hidup) tersebut sangat menjijikkan dan menimbulkan kekacauan. Ulat-ulat yang menggeliat keluar dari tubuh zombi tersebut lewat lubang yang mirip lubang peluru di sekujur tubuhnya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membasmi zombi-zombi tersebut, tetapi semakin hari semakin banyak zombi yang bermunculan. Ternyata zombi-zombi tersebut adalah korban petrus (penembakan misterius). Hal ini disadari sarman setelah kantornya digedor oleh zombi yang ciri fisiknya mirip Ngadul. Ngadul adalah seorang penjahat yang telah insyaf. Keberadaan Ngadul bersama kurang lebih enam ribu penjahat lainnya hilang secara misterius, yakni karena pembantaian di daerah Lubang Besar. Menyadari bahwa pembantaian tersebut adalah sebuah kesalahan besar, Reserse Sarman melapor kepada komandannya bahwa cara untuk membasmi zombi-zombi tersebut hanya dengan menshalatkan para preman yang mati tanpa dishalatkan tersebut. Komandannya menganggap ide Sarman gila. Sarman tidak sempat mempertahankan idenya karena dia sudah diserbu zombi yang terus meneriakkan “Grhhh!!! Dhendham! Dhendham Khesumath!”.

III.  Tanggapan
Cerita-cerita karya Seno Gumira Ajidarma selalu menarik untuk dibaca karena mengisahkan sebuah kejadian di masyarakat dengan sisipan nilai sosial dan hak asasi manusia yang sangat kental. Cerita ini mengingatkan masyarakat tentang kegiatan pemusnahan tersembunyi pada masa orde baru yang melanggar hak asasi manusia pada bagian Penembak Misterius: Trilogi.
Sedangkan dua bagian lain kumpulan cerpen ini seluruhnya berisi kritik pada kebijakan pemerintah orde baru tentang pemusnahan becak-becak yang kemudian dibuang ke laut pada cerita Becak Terakhir di Dunia. Tentang masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat, bagaimana seseorang yang butuh perjuangan demi sesuap nasi, permainan tradisional digantikan oleh permainan dari luar negeri yang merajalela. Serta masyarakat jaman sekarang yang merasa gengsi jika tidak memiliki barang yang sedang booming di Indonesia.
Kelemahan dari kumpulan cerpen tersebut adalah pada akhir setiap cerita sebagian besar selalu menggantung dan membuat pembaca penasaran apa yang akan terjadi atau kelanjutan cerita-cerita tersebut.
IV.  Rekomendasi
Kumpulan cerpen Penembak Misterius sangat menarik dan layak dibaca, isi cerita sangat menggugah hati dan pikiran pembaca sehingga sangat sayang jika dilewatkan. Buku ini dikhususkan untuk pembaca yang sudah dewasa karena terdapat kata-kata yang belum saatnya dibaca untuk anak-anak. Untuk yang senang membaca karya sastra, kumpulan cerpen ini wajib untuk dibaca.

1 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/08/taipanqq-siapkah-anda-dengan-hubungan.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus